Tangisa Balita jangan Anggap Remeh

    Seperti kealamiahan air mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Bila terjadi penyumbatan pada salah satu aluran irigasi air, maka yang terjadi daerah dataran rendah yang biasa mendapatkan suplai air pada akhirnya akan mengalami gangguan.

    Lalu, bagaimana dengan kebiasan orang tua yang cenderung kurang nyaman bisa anak kesayangannya menangis? Apakah dibiarkan begitu saja, atau dirayu agar berhenti menangis, atau mengalihkan perhatiannya agar segera menghentikan tangisannya? Bila kealamiahan balita yang suka menangis dihentikan, adakah dampak pada saat dewasa kelak?
    Tentu, masa balita (golden age) dengan usia antara 2-5 tahun, bila dalam usia ini perkembangan anak terganggu, maka akan berdampak pada pertumbuhan perkembangan individu saat dewasa kelak. Seorang anak yang hidup dalam lingkungan yang murah kasih sayangi, maka kelak satu saat ketika dewasa ia akan menjadi orang yang penyayang, berbeda dengan anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang penuh dengan pertengkaran, kekacauan keluarga. Maka, anak bisa ditebak akan menjadi pemberontak saat dewasa. Mengingat, usia golden age  dimana anak memperolah modelling dalam proses belajar. Lalu, bagaimana cara menghentikan tangisan bayi atau balita yang sehat dan aman? Ikutilah langkah-langkahnya:
    1. Berilah perhatian saat anak sedang menangis, jangan di-cut begitu saja. Berilah pelukan, gendonglah dia dan ciumlah keningnya.
    2. Biarkanlah ia menangis dengan sepuasnya, hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan agar ‘penyaluran’ tangisannya terpenuhi. Berilah ia waktu untuk meluapkan emosianya seluap-luapnya. Agar anak dapat terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri.
    3. Ketika tangisan anak sudah mulai mereda, terdiam baru berilah ia sugesti, atau kata-kata yang menenangkan.
    4. Demikianlah cara penanganan terhadap tangisan bayi (balita). Tapi ingat, tentu ada sebab mengapa anak menangis, yang dimaksud menangis di sini adalah karena tidak ada sebab bukan karena sakit. Namun lebih pada sifat kekanak-kanakannya yang manja dan minta ini dan itu.   

    700 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *