SAM_0172-1

Serba Kebaruan

    Sesuatu yang baru selalu mendapatkan perhatian yang penuh, dijaga, dirawat, dan diperhatikan. Misalnya, rumah baru, mobil baru, hand-phone baru, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, yang baru selalu memberikan semangat dan gairah yang baru tetap On. Rata-rata, siswa lebih bersemangat pada awal masuk kelas, awal tahun pembelajaran baru, walaupun awalan itu hanya bertahan beberapa. Dan semuanya berjalan sedikit demi sedikit sehingga ia menganggap segalanya serba biasa saja.

    Berbeda dengan para karyawan yang biasanya bekerja pada suatu lapangan pekerjaan. Hari senin selalu menjadi momok yang begitu menakutkan, karena segudang pekerjaan dan tanggungan sudah kian menanti.
    Seseorang yang selalu memandang sesuatunya serba baru, kecenderungan untuk menghargai akan selalu tumbuh di dalam dirinya. Walau pun awalnya hanya berupa pemikiran, dan dirasakan kemudian dalam waktu beberapa saat kemudian terbuktikan dengan sikap.
    Semangat serba kebaruan berawal dari persepsi (cara pandang) kita yang serba baru. Maka, saat sebuah pekerjaan benar-benar menjemukan, sudah waktunya alarm perbaharuan perpsepsi segera dilakukan. Dengan meninggalkan persepsi yang telah usang menuju persepsi yang baru.
    Persepsi yang baru, misalnya menjadikan setiap sesuatunya begitu spesial dan berarti. Agar lebih bersemangat di hari senin, maka rubahlah cara pandang Anda akannya. Misalnya, senin selalu berarti tanggungjawab lebih selalu menanti. Maka, dengan mengubahnya menjadi hari senin-spesial, senin yang penuh kebaruan. Maka, berkat kebaruan sudut pandang yang Anda usahakan akan mampu menggerakkan diri Anda.
    Semangat serba kebaruan ini seharusnya sudah dibiasakan, dijadikan sebagai sesuatu yang juga melekat pada persepsi kita. Yang juga harus dipupuk dengan membuktikannya dan disiram dengan percobaan-percobaan. Sebaliknya, jika dirawat dengan baik ia akan tumbuh sedikit demi sedikit.
    Sudah saatnya mengganti semua pengalaman buruk dengan kebaruan persepsi. Memandang, pengalaman yang menyakitkan sangat special, karena pengalaman itu sangat menentukan kesuksesan anda dan tidak akan pernah dialami oleh orang lain.
    Mulailah dari hal yang kecil, dan lebih kecil. Misalnya, kita bosan melihat mobil-mobil itu saja berputar di depan area kompleks rumah Anda. Maka, yang anda lakukan adalah bagaimana memandang mobil itu dari sudut pandang yang baru. Contohnya, aku sangat terinspirasi dan bersyukur ada mobil itu, yang telah mau menunjukkan kepadaku akan semangatnya berangkat dan pulang dari kantor membantu si empunya mengais nafkah. Dengan mobil itu, ia telah membantu si empunya bekerja, dengan bekerja ia mendapatkan uang. Dengan uang pula, keluarganya dapat penghidupan. Jadi, mobil itu sungguh banyak memberikan manfaat.                                                                                   

    326 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *