fgf

Orang Normal dan Abnormal

    Sahabat muda, sebelum memasuki pembahasan pemeriksaan diri (berkaca diri), yuk kita ikuti terdahulu pengertian dari kesehatan mental. Oh iya, jangan-jangan aku munuduh sahabat abnormal, eits, tunggu dulu. Setiap orang itu tidak ada yang normal 100%, pasti ada tembelannya di sana-sini. Tembelan sakit mental.

    Mental itu sendiri berasal dari bahasa yunani, sedangkan psyche berasal dari bahasa Latin. Keduanya sama-sama merupakan pengetian dari kata lain psikis. Sedangkan kata lain dari kesehatan mental itu; mental hygiene, mental health, nervous health, psykological medicine. Nah, bagaimana sahabat? Sudah pahamkan!!

    Kalau mau bertanya kepada Mbah Hipocrates (460-377), ia akan selalu menjawab bahwa keabnormalan seseorang diakibatkan oleh gangguan pada otaknya. Berbeda dengan Pak De Plato (429-347), ia mengatakan orang yang abnormal diakibatkan oleh gangguan moral, gangguan fisik, dan pengaruh budaya terhadap pola pikir dan perilaku individu.
    Rata-rata orang yang abnormal, ada salah satu bagian di otaknya yang tidak berfungsi dengan baik. Sehingga, orang yang normal itu artinya kesehatan mentalnya terjaga. Lalu, bagaimanakah dengan orang yang pernah terkena benturan di kepalanya? Apakah dia tidak normal? Sahabat, kan aku udah bilang sama kamu, “rata-rata”, berarti itu tidak semuanya kan? Pernah kan juga kamu mendengar orang yang ‘geger otak’ bisa berubah menjadi abnormal. Lah, itu bukti nyatanya!
    Kemudian, otak sehat bukan saja dilihat secara realista fisiknya saja. Nih, aku beri tahu, ciri-ciri otak sehat adalah berfikir realistis, dan dapat berfikir logis. Yaitu, adanya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Sehingga, seseorang yang demikian akan mampu beradaptasi dengan baik di mana pun ia berada. Bagi sahabat yang dominan otak kiri, bisa latihan “senam-otak”. Jangan anggap lucu! Karena ini berdampak dalam waktu yang lama, tidak mungkin langsung ada pengaruhnya dalam sekali waktu saja.
    Apakah ini aneh? Yang aneh karena kita tidak tahu. Masa’ senam otak dibilang aneh? Tidak fair banget!! Termasuk apa pun di dunia ini. Dahulu orang bisa terbang dibilang aneh dan mustahil, kenyataannya sekarang banyak orang mampir ke bulan dan tidak aneh.
    Tinggal 5 km lagi kita akan sampai pada pembahasan ciri-ciri orang abnormal, sebelum pergi ke sana, sahabat harus beli oleh-oleh; yaitu gejala atau ciri-ciri yang perlu diperhatikan bagi penderita abnormal. Yaitu, lihatlah dorongan yang ada di dalam dirinya, motivasi, perasaan, kemauan dan sisi kognitifnya. Jika terdapat gangguan pada salah-satunya, segeralah dibawa ke RSJ terdekat. Setelah selesai, yuk kita lanjutkan perjalanannya.
    20 menit kemudian,
    Alhamdulillah, kita sudah sampai. Yuk, kita cari tahu ciri-ciri orang yang abnormal. Silahkan masuk saja ke rumahnya Mas Maslow, beliau akan memberi wejengannya mengenai ciri-ciri orang yang tidak sehat mentalnya;
    “adek-adekku yang budiman, bagaimana kabarnya? Baik-baik saja kan. Nah, tadi mas admin memberi tahuku untuk memberikan serangkaian pengetahuan untuk kalian. Silahkan diperhatikan ya”, oh itu, pahami secara terbalik ya!! Ciri-ciri orang yang sehat secara mental;
    1. Memiliki perasaan aman dan nyaman
    2. Penilaian diri yang memadai dan realistis
    3. Sportanitas dan perasaan yang memadari terhadap orang lain
    4. Merespon orang lain sesuai dengan keadaan
    5. Memiliki kontak yang efisien terhadap realita
    6. Keinginan-keinginan jasmani yang memadai dan kemampuan untuk memuaskannya
    7. Memiliki kemampuan pengetahuan yang wajar
    8. Kepribadian yang utuh dan konsisten
    9. Tujuan hidup yang wajar
    10. Kemampuan belajar terhadap pengalaman
    11. Kemampuan memuaskan terhadap tuntutan kelompok
    12. Memiliki emansipasi yang memadari dari kelompok dan budaya.

    Beberapa waktu kemudian, Mas Roger pun datang. Ia memberi masukan kembali untuk menambahi apa yang telah disampaikan oleh mas maslow. Ia mengungkapkan konsep fully functioning (orang yang berfungsi secara utuh). Terbuka pada pengalaman, Kebebasan pengalaman, Kreativitas dan Ada kehidupan pada dirinya kehidupan. Sedangkan Pak Alport sendiri menambahkan, yaitu kepekaan yang baik.

    Jadi, kebalikan apa yang telah disebutkan di atas dari mas maslow, mas rogers sampai pak Alport adalah ciri-ciri dari orang yang tidak normal (abnormal). Bagaimana, sudah paham kan? 

    152 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Satu tanggapan untuk “Orang Normal dan Abnormal”

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *