Menghadapi Orang Pendiam

    Apa yang terjadi pada seorang pendiam adalah ingin selalu dapat diterima oleh siapa pun. Sayangnya, entah karena termakan oleh opini masyarakat umum orang pendiam cenderung diartikan sebagai orang yang sombong, orang yang acuk tak acuh dan dinilai kurang memiliki kepekaan dengan hanya menampakkan sensitifitasnya saja.

     Di lain hal, orang pendiam cenderung dijadikan ‘ban-serep’, ia memang berkarakter sebagai orang yang berada di belakang layar, bukan tipe menjadi orang yang cari perhatian. Ia lebih nyaman berdiam dalam dirinya, daripada berbicara namun diserang dengan ungkapan yang membuat hatinya semakin merasa sensitif.
    Untuk menghadapi seorang yang pragmatis atau sangunis dengan ciri-ciri suka berbicara, cari perhatian kamu cukup hanya memenangkan hatinya dengan cara menjadi pendengar yang baik, tidak banyak berbicara. Mengingat, di dalam hati setiap orang itu ada kecenderungan untuk dihargai, diperhatikan dan didengarkan. Maka, sudah selayaknya menghargainya salah satu bentuk upaya untuk bergaul-asyik dengannya.
    Dengan seorang pendiam, kau cukup hanya membuat dirinya nyaman, merasa bahwa ia tidak berbeda dengan kebanyakan orang lain. Artinya, ia ingin sekali bisa terlibat dengan kamu-kamu yang mudah berinteraksi dengan siapa pun. Yakinkanlah ia adalah sama dengan kebanyak orang lain, ia sangat dibutuhkan oleh siapa pun.
    Karena bagaimana pun, seorang pendiam cenderung kurang bisa memahami dirinya sendiri, hubungannya yang rusak dalam pergaulannya bersama orang lain diakibatkan karena hubungan interpersonalnya sudah rusak terlebih dahulu. Akibatnya, tak hanya bisa merusak dirinya sendiri, orang lain yang tak tahu bisa menjadi korban tak bersalah.

    Selain itu, sudah seharusnya orang pendiam dibantu untuk bisa meyakinkan dirinya sendiri dengan segenap semua usaha. 

    776 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Satu tanggapan untuk “Menghadapi Orang Pendiam”

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *