Kata Hati Kecil

    Kenikmatan hidup terdapat dalam diri, dalam perasaan yang selalu diikat dengan akal pikiran. Kalau Anda ingin merasakan kebahagian dalam hari-hari Anda, sudah saatnya Anda tidak mengingkari keberadaan diri Anda. Bisa dibayangkan, betapa banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh ketidakmampuan diri menerima dan mengakui keberadaan diri apa adanya. Bagaimana menerima diri merupakan masalah yang sangat penting. Dengan cara selalu mengikuti kata hati yang selalu berbicara kepada Anda.
    Di saat seseorang diminta untuk memberi sebagian apa yang telah Anda miliki, yaitu uang recehan dalam suatu pengamenan di dalam bus. Ia menolak untuk memberinya, namun jauh di dalam relung hatinya selalu berkata, ‘engkau seharusnya memberi, mengapa engkau tidak memberinya sepersen pun?”. Namun, seringkali celoteh kata hati kecil ini yang membawanya kepada kebaikan selalu terabaikan, sampai akhirnya ini semua akan berakhir dengan ketidaksemangatan hati dalam membimbingmu.
    Ikatlah komitmen diri untuk mendengarkan dengan tulus apa yang dikatakan oleh hati kecil. Seperti kau tak pernah bosan bersama orang yang kau kasihi untuk selalu setia bersamanya. Bahkan, lebih dari itu menjadi lebih baik. Yaitu, dengan mengkhusyu’kan diri terhadap itu semua. Terapilah keenganan diri yang bosan dengan hidup ini dengan selalu mendengar dan mengikuti apa yang hati katakan padamu.
    Untuk langkah selanjutnya adalah menjadikan hal ini semua sebagai nafas, bagaimana rasanya jika makhluk tidak bernafas, pasti mati kan? Begitu pun dengan pikiran dan perasaan yang tidak bernafas dengan mengikuti kata hati, akan membuat keduanya mati semisal jasad. Tentu, untuk melakukan itu bukanlah perkara yang sulit dan tidak gampang sekaligus. Hanya saja, diperlukan sedikit usaha, ya semacam latihan berkelanjutan. Ingat, jangan terfokuskan pada beratnya latihan yang dijalani, akan tetapi berfokuslah pada begitu bahagianya saat Anda mampu menaklukkan semua rintangan dan mendapatkan kebahagiaan hakiki dengan latihan tersebut.
    Paham bahwa yang sulit menang dikerjakan, yang mudah hanya sekedar apa yang diucapkan. Kalau begitu caranya, tidak ada paksaan untuk melakukan apa pun, karena Anda berhak 100% dengan keberadaan diri Anda. Anda hanya memerlukan beberapa usaha kecil yang berkelanjutan untuk mendapatkan usaha yang lebih besar secara terus-menerus. Kecil bukanlah masalah selama ia dijalankan dengan terus-menerus dan penuh dengan keberlanjutan. Tidak sulit kan? Dan tentunya, juga tidak membebankan kan?
    Yang seringkali terjadi, hati ini sudah terbayangkan dengan beratnya atau beban yang harus dipikul usaha dilaksanakan. Selalu terbayangkan, dan akhirnya justru akan semakin melemahkan usaha untuk segera melangkah mencapai pada tujuan, yaitu menikmati hidup dengan mengikuti kata hati. Sekali lagi, ini hanyalah membutuhkan sedikit proses yang berkelanjutan dan terus menerus. Anda tidak perlu memaksakan kehendak, anda cukup menjalani saja kemudian di-langgengkansama merasakan manfaatnya.

    Dan perlu diingat, hati tidak pernah membohongi diri Anda, ia merupakan bagian dari diri anda yang membantu Anda, mendorong Anda dan selalu memberikan yang terbaik bagi masa depan. Dan untuk itulah, hati menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan dan dijadikan sebagai trman keseharian baik dalam keadaan senang mau pun dalam keadaan yang kurang menyenangkan. 

    815 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *