Hidup Sederhana

    Sayangilah dan cintailah apa yang dimiliki, dan jangan sampai terlalu berkomitmen mendapatkan apa yang dicintai. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa rumput tetangga selalu lebih baik. Apa yang menjadi milik tetangga selalu lebih indah jika dibandingkan dengan apa yang sudah dimiliki. Seakan, buta terhadap perhiasan diri dan peka terhadap perhiasan orang lain. Dan itu yang menjadi penyakit yang berakibatkan kepada ketidakbahagiaan. Dan ini memberikan banyak hal yang sangat menyulitkan untuk dapat menikmati apa yang sudah dimiliki.
    Hidup sederhana berarti merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki. Tidak terlalu berharap lebih dari apa yang sebetulnya tidak patut untuk diharapkan, semisal harta dan kekayaan yang tak ada maksud atau nilai-nilai yang baik. Sederhana juga berarti tidak meminta-minta, mensyukuri apa yang sudah ada dan mencintai dengan cukup bijaksana.
    Sikap sederhana ini mencangkup kesederhanaan bersikap,  berperilaku dan bertutur kata. Yaitu, lawan dari sifat berlebihan, atau  pemborosan. Yaitu, mengambil secukupnya dan sebutuhnya saja. Selain memberikan rasa tenang dan nyaman, juga memberikan kedamain bagi orang-orang yang hidup berdampingan dengan diri Anda.
    Daripada sibuk memikirkan apa yang belum dimiliki, silau dengan apa-apa yang sudah dimiliki orang lain. Menjadi suatu yang menarik dan bermanfaat adalah memandingkan diri dari keadaan yang sekarang dengan apa-apa yang sudah dimiliki dan kemudian membandingkan dengan keadaan di mana sebelumnya masih belum memiliki apa-apa. Sungguh, ajaib bukan. Ternyata  Anda memiliki kemampuan untuk mendapatkan apa yang sebenarnya tak terlalu ada harapkan, Anda pun akan menemukan ketenangann dan kenangan yang indah. Begitu berartinya hidup sederhana yang mengaharkan untuk menikmati hidup ini dengan lebih dekat dan lebih dalam.

    721 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

    Similar Category Post

    Diterbitkan oleh

    algazel ma'ruf

    Lelaki muda ini pecinta literasi dan dunia da'wah bil kitabah. Essai, opini, artikel adalah bentuk tulisan pujaannya. Filsafat, psikologi dan tasawuf adalah materi yg menarik hatinya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *